Mengenal Jaringan Internet Dengan Kabel Fiber Optik dan Kabel Coaxial

webintelenet.com – Menurut beberapa informasi jaringan internet dengan kabel fiber optik dan kabel coaxial adalah jaringan internet yang menggunakan kabel fiber optik dan kabel coaxial sebagai media transmisi data.

Kabel fiber optik terbuat dari serat kaca yang sangat halus dan dapat mentransmisikan data dalam jumlah besar dengan kecepatan tinggi. Kabel coaxial terbuat dari tembaga dan memiliki impedansi karakteristik yang konsisten, sehingga memungkinkan transmisi sinyal dengan frekuensi tinggi secara efisien.

Kedua jenis kabel ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing:

Kabel Jenis Fiber Optik

Kabel fiber optik adalah jenis kabel yang dirancang khusus untuk mengirimkan data dalam jumlah besar dengan kecepatan tinggi menggunakan cahaya. Dibandingkan dengan kabel tembaga tradisional, kabel fiber optik menawarkan beberapa keuntungan signifikan. Kabel fiber optik banyak digunakan oleh ISP (Internet Service Provider) untuk menyediakan koneksi internet berkecepatan tinggi ke rumah dan bisnis.

Kebihan Kabel Fiber Optik:

Kecepatan tinggi: Kabel fiber optik dapat mengirimkan data pada kecepatan cahaya, yang jauh lebih cepat daripada kabel tembaga tradisional.

Kapasitas besar: Kabel fiber optik dapat membawa lebih banyak data dibandingkan dengan kabel tembaga. Hal ini dikarenakan cahaya dapat membawa informasi lebih banyak dibandingkan dengan aliran listrik.

Interferensi rendah: Kabel fiber optik tahan terhadap gangguan elektromagnetik (EMI) dan gangguan radio frekuensi (RFI) yang dapat mengganggu sinyal pada kabel tembaga. Lapisan cladding membantu melindungi cahaya dari interferensi eksternal.

Jarak jauh: Sinyal cahaya dapat menempuh jarak yang jauh lebih jauh melalui kabel fiber optik tanpa mengalami degradasi dibandingkan dengan sinyal listrik pada kabel tembaga. Ini karena cahaya mengalami sedikit redaman (pelemahan) saat melewati serat kaca.

Keamanan: Lebih sulit untuk disadap dibandingkan kabel tembaga karena data dikirimkan melalui cahaya, yang lebih sulit untuk diintersep.

Di Indonesia, beberapa provider yang menyediakan layanan internet menggunakan jaringan fiber optik antara lain:

1 Telkom Indonesia (IndiHome): IndiHome merupakan penyedia layanan internet fiber optik terbesar di Indonesia. Menurut informasi dari Wikipedia indihome ini termasuk layanan internet yang berkualitas di Indonesia.
2 XL Axiata (XL HOME): XL HOME juga merupakan salah satu penyedia layanan internet fiber optik yang populer di Indonesia.
3 Biznet: Biznet merupakan penyedia layanan internet fiber optik yang lebih menyasar pelanggan bisnis
4 MyRepublic: MyRepublic adalah penyedia layanan internet fiber optik yang menawarkan kecepatan tinggi dengan harga yang kompetitif

Selain provider di atas, mungkin ada juga provider lokal lainnya yang menawarkan layanan internet fiber optik di wilayah Anda. Anda dapat melakukan penelusuran di internet untuk mencari tahu lebih banyak tentang penyedia layanan internet fiber optik di wilayah Anda.

Tips untuk memilih provider internet fiber optik:

Kecepatan internet: Pertimbangkan kecepatan internet yang Anda butuhkan untuk aktivitas online Anda.
Harga: Bandingkan harga paket yang ditawarkan oleh provider yang berbeda.
Ketersediaan: Periksa apakah provider tersebut tersedia di wilayah Anda.
Layanan pelanggan: Pilih provider yang memiliki reputasi baik untuk layanan pelanggan.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, Anda dapat memilih provider internet fiber optik yang sesuai dengan kebutuhan,fungsi penggunaan dan anggaran Anda.

Meskipun kabel fiber optik memiliki banyak keuntungan, kabel fiber optik juga memiliki beberapa kelemahan:

Kekurangan Kabel Fiber Optik:

Biaya: Kabel fiber optik umumnya lebih mahal daripada kabel tembaga tradisional. Biaya ini dipengaruhi oleh material kabel itu sendiri dan proses instalasi yang lebih rumit.
Instalasi: Memasang kabel fiber optik lebih sulit dibandingkan dengan kabel tembaga. Kabel fiber optik lebih rapuh dan membutuhkan peralatan khusus untuk penyambungan.
Kerapuhan: Kabel fiber optik lebih rapuh daripada kabel tembaga dan lebih mudah putus jika tertekuk atau tergores secara berlebihan.

Kesimpulan:

Kabel fiber optik adalah teknologi yang canggih dan menjadi pilihan utama untuk kebutuhan jaringan berkecepatan tinggi dan kapasitas besar. Meskipun memiliki kelemahan dari segi biaya dan instalasi, kabel fiber optik menawarkan performa yang jauh lebih unggul dibandingkan kabel tembaga tradisional.

Kabel Jenis Coaxsial

Kabel coaxial, sering disebut kabel coax, adalah jenis kabel yang dirancang untuk mentransmisikan sinyal listrik dengan frekuensi tinggi, seperti sinyal video dan data, jarak jauh.

Kelebihan Kabel Coaxsial:

Kapasitas Transmisi yang Tinggi: Kabel coaxial mampu mentransmisikan sinyal dengan kapasitas yang tinggi pada jarak yang jauh. Kabel ini memiliki impedansi karakteristik yang rendah, yang memungkinkannya mentransmisikan sinyal dengan frekuensi yang tinggi.

Tahan terhadap Gangguan: Lapisan pelindung logam pada kabel coaxial membantu melindunginya dari interferensi elektromagnetik (EMI) dan radio frekuensi (RFI). Hal ini penting untuk memastikan transmisi data yang stabil dan andal.
Biaya: Kabel coaxial relatif lebih murah dibandingkan dengan kabel fiber optik.
Ketersediaan: Kabel coaxial sudah tersedia secara luas dan mudah ditemukan di pasaran.

Berikut beberapa contoh penggunaan kabel coaxial pada jaringan internet:

Jaringan televisi kabel: Kabel coaxial digunakan untuk mentransmisikan sinyal televisi kabel ke rumah-rumah.
Jaringan internet kabel: Kabel coaxial juga dapat digunakan untuk menyediakan layanan internet kabel.
Jaringan komputer lokal (LAN): Kabel coaxial pernah populer digunakan untuk membangun LAN, namun kini telah digantikan oleh kabel UTP yang lebih murah dan mudah dipasang.

Berikut adalah beberapa provider internet di Indonesia yang menyediakan layanan internet dengan kabel coaxial:

1 First Media: First Media merupakan salah satu provider internet dan TV kabel terbesar di Indonesia yang menggunakan kabel coaxial
2 Biznet Home: Biznet Home merupakan layanan internet dari Biznet yang menggunakan kabel coaxial
3 Link Net: Link Net merupakan provider internet yang beroperasi di Jabodetabek dan Bandung
4 CBN (Cyberindo Aditama): CBN merupakan provider internet yang beroperasi di Jabodetabek, Surabaya, dan Medan

Perlu anda ingat bahwa kabel coaxial memiliki keterbatasan dalam hal kecepatan dibandingkan dengan kabel fiber optik. Jika Anda membutuhkan internet dengan kecepatan yang tinggi, sebaiknya pilih provider yang menggunakan kabel fiber optik.

Kekurangan Kabel Coaxial

Jarak Jangkauan Terbatas: Meskipun kabel coaxial mampu mentransmisikan sinyal pada jarak yang jauh, namun jaraknya masih terbatas dibandingkan dengan kabel fiber optik.

Kecepatan: Kecepatan transmisi data pada kabel coaxial lebih rendah dibandingkan dengan kabel fiber optik.
Fleksibilitas: Kabel coaxial kurang fleksibel dibandingkan dengan kabel UTP. Hal ini membuatnya lebih sulit untuk dipasang di tempat yang sempit.
Ukuran: Kabel coaxial umumnya lebih besar dan lebih tebal dibandingkan dengan kabel UTP.

Kesimpulan:

Kabel coaxial memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kabel ini cocok untuk digunakan dalam jaringan internet yang membutuhkan transmisi data dengan kapasitas tinggi pada jarak yang tidak terlalu jauh.

Namun, jika Anda membutuhkan jaringan internet dengan kecepatan yang lebih tinggi dan jarak jangkauan yang lebih jauh, kabel fiber optik mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Secara keseluruhan, pemilihan antara kabel fiber optik dan kabel koaksial tergantung pada kebutuhan spesifik, seperti bandwidth yang dibutuhkan, jarak transmisi, dan anggaran. Fiber optik cenderung menjadi pilihan utama untuk aplikasi yang membutuhkan throughput tinggi dan jarak transmisi yang jauh, sedangkan kabel koaksial sering digunakan untuk aplikasi yang memerlukan solusi ekonomis dan kompatibilitas dengan infrastruktur yang ada.

Semoga informasi ini bermanfaat!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *